Ads

Dampak PDN di Retas, Layanan Pendaftaran KIP-K UIJ Terganggu

WAWANCARA: Kabag Kemahasiswaan UIJ, M. Abdul Basir ketika dimintai tanggapan terkait gangguan pendaftaran KIP-K akibat peretasan pusat data nasional, Jum'at (5/7). Fotografer: Febri Irawan

UIJ, lpmmitra.id- Usai terbitnya surat edaran Dirjen Dikti terdapat peretasan pada Pusat Data Nasional Sementara (PDNS) oleh heacker. Dampak tersebut menghambat layanan pendaftaran penerima Kartu Indonesia Pintar Kuliah (KIP-K) di Universitas Islam Jember (UIJ). Hal tersebut dikatakan Kepala Bagian (Kabag) Kemahasiswaan dan Alumni M. Abdul Basir UIJ, Jum’at (5/7).

Pria dengan sapaan akrab Abbas ini mengungkapkan bahwa diretasnya PDN oleh hacker, mengakibatkan laman pendaftaran beasiswa tersebut tidak dapat di akses. Sehingga pendaftar beasiswa di UIJ tidak dapat mendaftar beasiswa secara langsung hingga beberapa bulan kedepan. ”Hari ini calon mahasiswa yang akan mendaftar KIP-K di UIJ tidak bisa mendaftar hingga Oktober mendatang,ungkapnya.

Tidak hanya itu, calon mahasiswa yang hendak mendaftar maupun yang telah mendaftar dipastikan untuk melakukan pendaftaran kembali. “Jadi harus unggah ulang data yang sudah dimasukkan,” lanjut dia.

Saat dikonfirmasi, Muhammad Noval Agustian pimpinan Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) UIJ mengatakan jika masalah tersebut adalah masalah nasional, jadi pihak kampus harus mencari jalan keluar untuk hal tersebut. "Dalam masalah tersebut bukan Cuma UIJ yang terdampak, tapi juga kampus lain," katanya.

Noval mengungkapkan, bahwa pihak kampus sendiri harus memberi solusi untuk menyelesaikan masalah hal itu dengan meng-cover beasiswa lain, karena masalah KIP-K adalah problem baru. "UIJ harus mencari jalan alternatif untuk membantu mahasiswa baru dalam hal administrasi," pungkasnya.


Pewarta: Febri Irawan

Editor: Linda Nurul Hidayah

 

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.